Telekomunikasi Indonesia dan Negara Lain

Dewasa kini telekomunikasi sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari dunia modern kita. Masyarakat dunia umumnya dan masyarakat Indonesia khususnya kini tak bisa lagi hidup tanpa telekomunikasi. Pengembangan telekomunikasi di Indonesia juga merupakan salah satu wahana untuk mencapai tujuan pembangunan nasional, yakni mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang merata materil dan spiritual, berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Semua jaringan telekomunikasi saat ini mengalami perkembangan yang cukup signifikan karena semua jaringan ini pastinya ditangani dengan peralatan yang berteknologi tinggi. Namun sejauh mana perkembangan telekomunikasi di negeri kita saat ini jika dibandingkan dengan negara lain ?

Indonesia patut berbangga karena telah menjadi salah satu negara yang turut serta dalam menandatangani kontrak kerja pembangunan proyek Sistem Kabel Laut Internasional yang menghubungkan Asia Tenggara dan Eropa pada Maret 2014 silam. Indonesia bersama dengan 12 perusahaan telekomunikasi di Asia dan 2 perusahaan Eropa tergabung dalam konsorsium South East Asia-Middle East-Western Europe 5 (SEA-ME-WE 5) membangun 3 pairs kabel optik dengan kapasitas desain sebesar 24 terrabit per second atau setara dengan mengantarkan transmisi sebesar 30 juta HD video per detiknya.

Baru-baru ini di awal tahun 2015 Indonesia sudah mendapatkan layanan data internet berbasis 4G long tem evolution (LTE) meskipun belum merata di seluruh nusantara. Pemerintah, dalam hal ini kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengaku sedang menyiapkan berbagai hal yang dibutuhkan mulai dari segi infrastruktur, kesiapan teknologi, hingga spektrum jaringan yang siap digunakan. Berbeda dengan Indonesia, sejumlah negara lain telah lebih dulu mencicipi ‘nikmatnya’ berkomunikasi dengan dukungan teknologi 4G LTE. Eropa, Amerika, dan sebagian negara di wilayah Asia seperti Jepang dan Korea Selatan bahkan telah meningkatkan layanan jaringan 4G LTE yang tersedia bagi para penggunanya. Sehingga pengguna dapat menikmati kecepatan maksimal. Laporan terbaru yang dirilis oleh perusahaan riset jaringan seluler OpenSignal menyebutkan bahwa Australia sebagai negara dengan kecepatan mengunduh pada jaringan 4G LTE tercepat di dunia. Mengutip laman Sydney Morning Herald, kecepatan mengunduh via jaringan 4G LTE di Australia rata-rata mampu mencapai hingga 24,5Mbps. Angka tersebut lebih cepat dibandingan kecepatan jaringan 4G yang ada di negara-negara lain. Teknologi 4G LTE sendiri pertama kali masuk ke Negeri Kangguru tersebut pada akhir 2011 lalu yang diprakarsai oleh operator selular Telstra. Menyusul Telstra, Optus dan Vodafone turut meramaikan pasar penyedia jaringan 4G LTE. Pengguna jaringan 4G di Australia kini diperkirakan mencapai 4,5 juta orang.

Banyak sarana dan prasarana telekomunbikasi di Indonesia yang harus terus dibangun dan ditingkatkan kapabilitasnya. Tak hanya itu, dibutuhkan keamanan yang ekstra pula dalam mengelola masalah telekomunikasi di Indonesia mengingat beberapa waktu lalu setingkat kepala negara saja Indonesia kecolongan yang menyebabkan presiden dan beberapa petinggi negeri ini lainnya disadap oleh Australia. Penyadapan dapat kita ketahui tanpa harus ada bocoran dari pihak yang bersangkutan. Tentu kita tidak ingin mengalami masalah penyadapan berikutnya, bukan ?


Referensi:
www.indoup.com/internet/negara-mana-yang-miliki-jaringan-4g-lte-tercepat-di-dunia
www.swa.co.id/technology/lewat-sea-me-we-5-kecepatan-internet-indonesia-eropa-makin-kencang

Share on Google Plus

About Unknown

Hello :) Saya yang punya dan yang menulis blog ini. Ingin mengetahui lebih lengkap tentang saya ? klik aja fakhrulridha.com

1 komentarator :