Menggunakan Tv Tuner untuk OS Windows 8

Tv tuner adalah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan antena televisi dengan perangkat komputer, sehingga kita bisa nonton siaran TV di komputer atau laptop. 

Banyak beredar di pasaran saat ini berbagai merk dan bentuk dengan harga yang tidak mencapai 400an ribu. Namun yang banyak dikenal oleh masyarakat ialah tv tuner dengan model USB. 

Beberapa bulan yang lalu saya menyempatkan membeli tv tuner yang berbentuk usb di salah satu pusat grosir di ibu kota. Harga tv tuner USB bervariasi sesuai dengan merk dan fitur yang ditawarkan, seperti merekam acara TV, men-schedule rekaman, dan lainnya. 

Setelah membelinya, saya segera mencoba tv tuner yang berhasil saya dapatkan dengan harga terendah dari toko-toko lainnya yang saya kunjungi, saat saya sampai di tempat tinggal saya. 

Accessories
Accessories yang saya dapatkan ialah:
  • Software CD Installer
  • Remote Control
  • AV Cable
  • USB Cable
  • DVB-T Portable Antenna
Seluruhnya sudah saya pasang pada tempatnya. Software pemutar siaran TV sudah terinstall. Awalnya saya menggunakan antena bawaan dari tv tuner tersebut, DVB-T portable antenna, namun hanya beberapa siaran TV yang saya dapatkan dan itu sangat "tidak layak" akibat gambar yang dihasilkan sangat kurang kualitasnya. 

Setelah saya baca-baca beberapa review dari beberapa forum ternyata jika ingin mendapatkan kualitas gambar bagus harus menggunakan antena TV. Dengan begitu saya membeli kabel antena TV dan memasangkannya pada perangkat tv tuner.

Kabel antena TV dihubungkan ke tv tuner
Setelah saya mencobanya dan alhasil semua sia-sia :( Siaran televisi tidak kunjung hadir di laptop saya. Kembali mengandalkan mesin pencari untuk mencari tau apa penyebabnya. 

Ternyata software tv tunner bawaan tidak support dengan OS yang saya gunakan, Windows 8. Untuk mengakalinya, bagi pengguna Windows 8 bisa mendownload software PotPlayer untuk dapat menjalankan fungsi tv tuner dengan baik. Karena bukan software bawaan yang sudah dirancang sedemikian rupa, beberapa fasilitas tidak dapat dinikmati seperti penggunaan remote control, perekaman dan schedule perekaman. 

Tidak hanya sekali ini saja, beberapa kali saya juga pernah menemukan beberapa perangkat lainnya yang masih belum support dengan OS Windows 8, mengingat OS besutan Microsoft ini baru seumur jagung diluncurkan. 
Share on Google Plus

About Unknown

Hello :) Saya yang punya dan yang menulis blog ini. Ingin mengetahui lebih lengkap tentang saya ? klik aja fakhrulridha.com

1 komentarator :

  1. thanks boss info nya .. mo coba nic say pengguna tv tuner dari jaman xp kini dah terlanjur menceraikan xp dan hidup serumah dengan os muda win8 kesulitanya ya tv tuner hasil gono gini dulu di XP ya tidak suport.. mdhan tv tuner saya jalan lagi dengan os./muda ini..heeeeeeeee

    ReplyDelete