Tokoh-Tokoh Indonesia Dalam Bidang Teknologi Informasi

Teknologi informasi kini sudah sangat kental hadir di kehidupan manusia. Meski perkembangannya di Indonesia masih terbilang sedikit telat, kehadiran teknologi informasi di tanah air lambat laun terus mengalami peningkatan. Namun perkembangan teknologi informasi di Indonesia tidak serta merta hadir tanpa ada yang 'mengenalkan' atau yang 'membawa'nya. 

Berikut beberapa tokoh-tokoh berpengaruh dalam perkembangan dunia teknologi di Indonesia:

1. Onno Widodo Purbo
Ir. Onno Widodo Purbo, M.Eng., PhD lahir di Bandung, Jawa Barat, 17 Agustus 1962 silam ini sering dikenal sebagai bapak internet Indonesia. Menjadi profersor di ITB, dia juga dikenal sebagai ahli/pakar di bidang teknologi informasi di Indonesia. Banyak kontribusi yang ia berikan terhadap kemajuan teknologi informasi di Indonesia. Salah satu gagasan yang paling terkenalnya adalah RT/RW-Net yang mengukir sejarah internet Indonesia. Puluhan buku dan publikasi internasional juga sudah banyak ia buat. Ia juga pernah mengembangkan distro sistem operasi berbasis open source, Linux, seperti diantaranya Distro SchoolOnffLine, Distro SMEOnffLine, Distro ORARINux, Distro SekolahNux, Distro IPTEKNux, Distro indowebster.

Baru-baru ini ia juga meluncurkan sebuah website kuliah gratis di bidang IT, cyberlearning.web.id. Tidak hanya online, ia juga membuka kesempatan untuk dapat kuliah offline bersamanya. Kelas offline ini hanya dihelat pada hari Sabtu dan Minggu. Mereka yang berminat bisa ajukan permintaan di alamat surel humas@onnocenter.org atau onnocenter@gmail.com.

2. I Made Wiryana
Mungkin dikalangan civitas akademik terutama para mahasiswa Universitas Gunadarma sudah tak asing lagi dengan nama yang satu ini. Di lingkungan kampus lebih sering dikenal atau disapa dengan sebutan Pak Made. I Made Wiryana adalah lulusan Universitas Indonesia Jurusan Fisika sekaligus juga lulus dari Universitas Gunadarma Jurusan Komputer. Ia melanjutkan program S2 yang masih berkaitan dengan ilmu komputer di Edith Cowan University, Australia. Tahun 1994, ia berhasil menuntaskan studi beasiswanya tersebut. Kemudian kembali ke Indonesia, ia mendesain kurikulum bagi program training Lembaga Pengembangan Komputer (LePKom) dan sempat mengembangkan WinBI, sistem operasi komputer berbahasa Indonesia. Pada 2009 Ia berhasil mendapatkan gelar Doktor di Universitas Bielefeld, Jerman.

Pak Made adalah tokoh penting Linux Indonesia. Ia merupakan salah seorang founder dari Indonesian Linux Motivator Foundation. Selain kegiatan sehari-harinya sebagai dosen, beliau juga beberapa kali diamanatkan sebagai penanggung jawab sekaligus penelola beberapa website milik pemerintah seperti presidenri.go.id, kemenpora.go.id, dan lainnya.

3. Jim Geovedi
Dikalangan hacker dan IT security, baik Indonesia maupun dunia nama Jim Geovedi sudah sering didengar. Dengan kemampuannya dalam bidang hacking, dalam sebuah pertemuan hacker dunia Ia memperagakan cara meretas satelit. Ia bisa mengubah arah atau menggeser posisi satelit. Ia mengaku diminta untuk menguji sistem keamanan kontrol dari satelit asal China dan Indonesia.

Pria yang mengaku belajar hacking secara otodidak ini pada tahun 2001 mendirikan C2PRO Consulting, perusahaan konsultan TI umum untuk lembaga pemerintahan. Ia juga mendirikan dan mengoperasikan perusahaan konsultan keamanan TI Bellua Asia Pacific pada tahun 2004, kemudian berubah nama menjadi Xynexis International. Ia lalu mendirikan perusahaan jasa keamanan Noosc Global pada tahun yang sama. Ketika sistem telekomunikasi nirkabel baru masuk Indonesia tahun 2003, Geovedi sudah diminta menjadi pembicara di Kuala Lumpur tentang bahaya sistem tersebut. Pada tahun 2004, ia disewa Komisi Pemilihan Umum untuk mencari tahu pelaku penjebol pusat data penghitungan suara pemilu dan usahanya pun berhasil.

4. I Wayan Simri Wicaksana
Prof. Dr. I Wayan Simri Wicaksana, S.Si, M.Eng, beliau adalah orang Indonesia pertama yang meraih gelar Doktor di bidang Teknologi Informasi (TI). Meraih gelar Doktor di Universite de Bourgogne, France dan Universitas Gunadarma serta pada akhir Januari 2009 dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Teknologi Informasi di Universitas Gunadarma. Lebih lanjut hal tentang beliau dapat dilihat di personal webnya iwayan.info.

5.Romi Satrio Wahono
Romi Satrio merupakan founder IlmuKomputer.com, salah satu website yang menjadi kontribusi besar bagi para masyarakat Indonesia yang ingin belajar serta membagikan beberapa ilmunya. Pria kelahiran Madiun, 2 Oktober 1974 ini merupakan Mantan PNS dan peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Cisco certified instructor lulusan Nanyang Technological University (NTU), Singapore. Berbagai penghargaan telah ia dapatkan dari Pemerintah Indonesia dan Dinas Pendidikan lewat kontribusinya memberikan pembelajaran mengenai ilmu komputer kepada masyarakat Indonesia melalui website atau beberapa referensi yang di buatnya.

6. Bernaridho Hutabarat
Bernaridho sudah lebih dari 15 tahun berpengalaman di bidang TI dengan berbagai peran mulai dari Project Manager, DBA, Presales, dll. Telah menerbitkan 12 buku (1 Pemrograman , 1 Database, 6 Oracle , 4 SQL Server). Ia juga telah menulis beberapa Blueprints mulai dari Database Integration, Business Intelligence, DRC / BCP, IP Telephony, dan Enterprise-lebar SPOC Helpdesk.

Benaridho juga pernah membuat bahasa pemrograman Nusa. Sebuah bahasa pemrograman asli karya anak bangsa yang jauh lebih mudah digunakan daripada C, C#, C++, Java, (Visual) BASIC, dan Delphi / Pascal.

Ia Memperoleh Bachelor in Informatics (Software Engineering) dari Institut Teknologi Bandung, dan Telecom magister dari Universitas Coventry (Inggris Raya). Ia juga sempat memperoleh derajat tertinggi dari Ujian Oracle DBA, di Atlanta, Georgia (2001), menerima Excellent Achievement Award dari CICC Tokyo Jepang, dan Best Essay dari Lenovo Singapura (2007).






-------------------------------------------------------------------------
referensi:
informatikamu.com
biologimediacentre.com
bangwildan.web.id
biskom.web.id




Tulisan ini adalah salah satu tugas mata kuliah Bahasa Indonesia
Share on Google Plus

About Unknown

Hello :) Saya yang punya dan yang menulis blog ini. Ingin mengetahui lebih lengkap tentang saya ? klik aja fakhrulridha.com

0 komentarator :

Post a Comment