Forensik di Dunia IT

image : BlueKaizen 
Forensik. Mungkin yang ada di benak kita merupakan kegiatan atau profesi yang berhubungan dengan dunia kedokteran. Biasanya forensik sering kita dengar saat ada suatu kejadian kecelakaan, pengeboman yang memakan korban jiwa dan lain sebagainya. Namun taukah ternyata forensik tidak hanya ada di dunia kedokteran ?

Forensik juga merupakan suatu profesi atau keahlian bagi beberapa bidang diantaranya yang saya ketahui yaitu bagian akuntansi atau audit keuangan dan satu lagi adalah bagian IT, yaa bagian IT atau Teknologi Informasi. Saya sendiri mulai mengetahui adanya profesi forensik di bidang IT baru satu tahun belakangan ini. Mungkin kita semua juga belakangan saat kasus kopi sianida mulai tau dengan adanya keberadaan profesi IT forensik ini. Seperti apa sih profesi IT forensik itu sendiri ?

IT forensik sendiri sering disebut dengan digital forensik, karena berbeda dengan forensik pada umumnya yang hampir seluruh proses pengujian dalam forensik itu sendiri menangani sesuatu yang dalam bentuk fisik misalnya dokumen-dokumen, uang, bagian tubuh manusia dan lainnya, yang dimana untuk IT forensik atau digital forensik merupakan pengujian secara menyeluruh suatu sistem komputer dengan mempergunakan software dan tool tertentu dalam melakukan kegiatan forensik itu sendiri.

IT Forensik adalah cabang dari ilmu komputer tetapi menjurus ke bagian forensik yaitu berkaitan dengan bukti hukum yang ditemukan di komputer dan media penyimpanan digital. Tujuan dari IT forensik adalah untuk menjelaskan keadaan artefak digital terkini. Artefak Digital dapat mencakup sistem komputer, media penyimpanan (seperti hard disk atau CD-ROM), dokumen elektronik (misalnya pesan email atau gambar JPEG) atau bahkan paket-paket yang secara berurutan bergerak melalui jaringan. Bidang IT forensik juga memiliki cabang-cabang di dalamnya seperti firewall forensik, forensik jaringan, database forensik, dan forensik perangkat mobile.

Nah itu sekilas tentang profesi forensik dalam bidang teknologi. Apakah kamu berminat menjadi seorang IT forensik ?
Share on Google Plus

About Unknown

Hello :) Saya yang punya dan yang menulis blog ini. Ingin mengetahui lebih lengkap tentang saya ? klik aja fakhrulridha.com

0 komentarator :

Post a Comment