Konsep Strategi Pemasaran Convenience Store

Convenience Store kini sudah semakin menjamur di kota-kota besar terutama kota-kota yang memiliki gaya pemuda-pemudinya yang gemar nongkrong atau ngumpul bersama. 7Eleven, FamilyMart dan Lawson merupakan peritel jenis convenience store yang meramaikan kompetisi pasar ritel Indonesia dalam 4 tahun terakhir ini. Dengan konsep yang modern serta makanan / minuman cepat saji, para peritel asing coba untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup masyarakat muda yang berkembang di kota Metropolitan.

Tak ingin ketinggalan dan melihat pangsa pasar yang baik, Indomaret ikut terjun di pasar convenience store dengan mengusung Indomaret Point. Indomaret Point memiliki identitas logo yang hampir serupa dengan Indomaret namun dengan penekanan nama “Point”. Tetapi berbeda dengan Sevel maupun Lawson, Indomaret Point merupakan merek lokal sehingga produk-produk yang dijual lebih mendekatkan pada selera lokal. Alhasil, walaupun baru tiga tahun lahir kini Indomaret Point telah hadir di beberapa kota besar di Indonesia. Indomaret Point telah berdiri di Jabodetabek, Surabaya dan Bali. Indomaret Point juga bisa ditemukan di berbagai perkantoran besar di Jakarta, bandar udara hingga stasiun kereta api.



Konsep baru Indomaret ini dalam rangka menangkap kebutuhan masyarakat perkotaan. Masyarakat perkotaan kini lebih mandiri dengan memilih makanan cepat saji dan kebutuhan yang bisa didapatnya dengan cepat. Produk makanan dan minuman siap saji di Indomaret Point, semua menunya punya cita rasa yang sudah disesuaikan dengan kegemaran lidah lokal. Komposisi produk yang dijual juga tidak didominasi oleh merek – merek asing. Yang paling penting buat kacamata konsumen, Indomaret Point juga selalu punya berbagai promosi menarik untuk konsumennya.

Indomaret Point memberikan extra services bagi pelanggannya dengan free wifi serta tempat charge handphone di sitting area. Salah satu aktivitas promosi yang menarik di Indomaret Point adalah lokasi Indomaret Point seringkali dipakai untuk promosi launching album bagi para musisi yang bekerja dengan Indomaret dalam penjualan CD mereka.

Pemilihan lokasi sesuai target pasar seperti komplek perkantoran, kampus perkuliahan atau lokasi perkumpulan komunitas anak-anak muda yang pastinya berbeda dengan target pasar minimarket merupakan salah satu faktor penting strategi yang diperhatikan. Kemudian dengan menyediakan fasilitas promo paket-paket makanan/minuman hemat serta tersedianya kebutuhan 'genting' kehidupan di dunia era teknologi saat ini yaitu WiFi dan charge colokan listrik merupakan faktor penting juga yang harus diperhatikan guna memanjakan dan menyesuaikan dengan gaya hidup anak muda saat ini.
Share on Google Plus

About Unknown

Hello :) Saya yang punya dan yang menulis blog ini. Ingin mengetahui lebih lengkap tentang saya ? klik aja fakhrulridha.com

0 komentarator :

Post a Comment